Senin, 14 November 2016

Arti mata bor dan kegunaanya

Mata bor merupakan suatu alat perkakas yang berfungsi untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, beda jenis beda pula fungsinya. Maka dari itu kita perlu menggunakan mata bor yang tepat.
Berikut ini jenis-jenis mata bor dan fungsinya.

Twist Bits

Twist-Bits
Mata bor twist bits merupakan mata bor yang paling banyak digunakan. Mata bor ini dapat digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor dudu, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Mata bor twist bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik dan logam. Ukuran yang tersedia yaitu 4 – 12 mm.

Masonry Bits

Masonry-Bits
Mata bor Masonry Bits digunakan untuk membuat lubang pada tembok, beton dan batu. Pada ujung mata bor terdapat mata pisau. Mata bor ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, sebab penggunaan mata bor Masonry Bits ini selain berputar namun juga memukul. Tersedia dalam ukuran 4-15 mm.

Spur Bits

Spur-Bits
Mata bor Spur Bits dikenal dengan sebutan mata bor kayu. Pada bagian ujung mata bor ini terdapat bor runcing , dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau pengiris.  Ujung runcing pada mata bor ini berfungsi untuk menjaga mata bor supaya tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan presisi. Ukuran yang tersedia ialah 6-15 mm.

Countersink Bits

Countersink-Bits
Mata bor Countersink bits digunakan untuk membuat lubang pada kayu untuk kepala sekrup supaya permukaan sama rata. Pada bagian ujung mata bor ini bersudut 90 derajat yang berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.

Forster Bit

Forster-Bit
Mata bor Forster Bit digunakan untuk membuat lubang engsel sendok. Mata bor ini sebaiknya dioperasikan dengan mesin bor duduk supaya lebih stabil. Jika dioperasikan dengan mesin bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan pun kurang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar